Wednesday, July 18, 2018

Perbedaan Linear Layout, Relative Layout dan Constraint Layout




Halo… Kali ini saya akan membahas Perbedaan Linear Layout, Relative Layout dan Constraint Layout.
Pertama-tama saya akan menjelaskan dulu apa sih Layout itu? Layout / Tata Letak  merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan objek-objek menjadi komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.

1. LINEAR LAYOUT

                Linear Layout adalah grup tampilan yang meluruskan tampilan anak di dalamnya secara horizontal maupun vertikal. Vertikal Linear Layout menempatkan posisi 1 objek per baris, sedangkan Horizontal Linear Layout menempatkan posisi 1 objek per kolom. Penempatan objek menggunakan Linear Layout agak terbatas karena harus sejajar, namun Linear layout mengikuti ukuran layar, jadi jika diaplikasikan dengan besar layar berapapun akan menyesuaikan.

Perbedaan Vertikal dan Horizontar Linear Layout


2. RELATIVE LAYOUT


Relative Layout adalah grup tampilan anak tempat setiap tampilan diletakkan dan diluruskan relatif terhadap tampilan lainnya di dalam grup tampilan tersebut. Posisi tampilan anak dijelaskan dalam kaitannya dengan satu sama lain atau dengan grup tampilan induk. Istilah mudahnya Relative merupakan layout yang penataannya lebih bebas (Relative) sehingga bisa di tata di mana saja. Namun tidak seperti Linear, relative jika diaplikasikan di layar yang ukurannya berbeda akan mengubah letak (objek bisa tertutup dengan objek lainnya)



3. CONSTRAINT LAYOUT

                Constraint Layout adalah Layout yang serupa dengan Relative Layout tetapi lebih fleksibel. Layout ini mengelompokkan tampilan anak menggunakan titik jangkar (koneksi ke tampilan lainnya), tepi, dan panduan untuk mengontrol bagaimana tampilan diletakkan relatif terhadap elemen lain di layout. ConstraintLayout didesain untuk membuat tampilan mudah diseret dan dilepaskan di editor layout Android Studio.




 Jadi intinya semua layout memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Linear Layout hanya dapat meletakkan 1 objek setiap baris atau kolomnya dan harus sejajar penempatannya namun linear layout dapat menyesuaikan letak objek jika diaplikasikan di layar yang berbeda ukurannya, Relative Layout dapat secara bebas mengatur objek objek yang kita tempatkan namun objek dapat bertumpuk jika di aplikasikan di layar yg ukurannya berbeda, sedangkan Constraint Layout sama bebasnya seperti Relative namun lebih fleksible sehingga lebih mudah.
Sekian Postingan kali ini tentang Linear, Relative, dan Constraint Layout , Bagaimana ? sudah paham kan? Semoga bisa dipahami ya.. maaf jika ada yang salah atau kurang jelas, karena saya pun masih belajar :D


No comments:

Post a Comment